Kamis, 17 April 2014



Pergerakan nasional adalah pergerakan dalam rangka mencapai kemerdekaan dengan menggunakan organisasi yang bergerak di bidang ekonomi, sosial, politik, dan budaya
Faktor pendorong terjadinya pergerakan nasional
Faktor Intern
1.      1. Penderitaan rakyat menghadapi drainage Belanda ( pengerukan kekayaan ). Pengerukan kekayaan yang dilakukan selama berabad-abad dari mulai VOC sampai pemerintah Kolonial Belanda telah membuat rakyat memendam rasa amarah untuk memulai pergerakan  mengusir penjajah dari nusantara. Selama berabad-abad rakyat menderita baik fisik ataupun mental. Akibat dari perlakuan Belanda yang semena-mena dan membuat rakyat tidak berkutik karena ancaman hukuman yang membuat rakyat tambah menderita.
2.       2. Mengingat kejayaan masa lampau. Kejayaan kerajaan masa lampau seperti Sriwijaya dan Majapahit yang berhasil mengepakkan sayapnya sampai luar negeri memotivasi rakyat untuk berjuang mendapatkan kembali kebebasan dan kejayaan masa lampau.
3.       3. Diskriminasi rasial. Diskriminasi yang dibuat oleh pemerintah kolonial menempatkan pribumi pada posisi terbawah. Rakyat mendapatkan diskriminasi dalam segala bidang kehidupan.
4.       4. Munculnya golongan terpelajar. Politik Etis dari Van de Venter memunculkan golongan terpelajar dari kalangan pribumi meskipun terbatas pada keluarga bangsawan saja. Namun, para bangsawan itulah yang kemudian menyebarkan pendidikan ke rakyat biasa.
Faktor Ekstern
1.       1. Kemenangan Jepang terhadap Rusia. Kemenangan Jepang membuktikan bahwa bangsa kulit putih yang selama itu memamerkan diri mereka sebagai bangsa paling kuat dan tak terkalahkan ternyata dapat dipukul mundur oleh bangsa kulit kuning yang dianggap rendahan. Kemenangan Jepang memicu rakyat pribumi tidak takut lagi kepada pemerintah Kolonial.
2.       2. Munculnya paham-paham baru. Munculnya paham-paham baru menyulutkan semangat nasionalisme rakyat pribumi untuk segera mengusir penjajah dari tanah airnya.


15 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih, tapi apakah ini termasuk di dalam ppkn. Soalnya buat tugas.

Unknown mengatakan...

Apakah ini benar????????

Unknown mengatakan...

Yaiyala bener

Rijasin mengatakan...

Kalau saya di pelajaran sejarah indonesia 11 ips

Kim Project mengatakan...

Hehehe

Maryana Lala mengatakan...

Faktor baik nya kan?

Unknown mengatakan...

Terimakasih 😇🙏

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum kak kalo disingkat nya bagus nya kata kata apa kak oh iya ingat kan pada semua ya bahwa pembelajaran ini mengingat kan bahwa pahlawan indonesia telah berjasa pada kita semua. Maka dari itu di upacara selalu ada mengheningkan cipta penjajah (belanda) belanda telah mengganti merah putih menjadi merah,putih,biru sebagai nama bendera belanda,. Tapi semangat indonesia belum kalah akhirnya indonesia menang melawan belanda lalu merobek bendera merah putih biru (birunya doank :v) lalu dilempar kebawah kenyataan itu membuat indonesia menang sekian terimakasih :)

Unknown mengatakan...

Maaf ya kakak kakak atau adek ini mau menceritakan sejarah indonesia supaya kita sayang dengan negara kita sendiri merah darahku putih tulangku negaraku hanya indonesia selalu sekian ya dek kak maf kalo ngebala

Unknown mengatakan...

Thx y kk dd

Unknown mengatakan...

Betul kok

Unknown mengatakan...

Tentu

Unknown mengatakan...

Mending kita mabar

Unknown mengatakan...

Jawab sendiri

Unknown mengatakan...

Suka kamu boleh